Selasa, Juli 29, 2008

Papercraft!!!!!!

Beberapa waktu belakangan ini, si Peew ngeracunin gw buat menekuni salah satu hobi unik, yaitu papercraft. Papercraft / Papermodel, seperti definisinya pada wiki, adalah sebuah seni atau kerajinan yang menggunakan kertas sebagai medianya. sebenernya banyak banget yang bisa dibuat dari kertas ini, yang udah pasti pernah kita buat contohnya adalah pesawat atau perahu..


Tapi, yang kita pelajari bukan itu, bukan yang kaya origami.. melainkan kita membuat yang namanya cubecraft dengan pattern yang kita download, trus pattern tersebut kita print, gunting, baru dilipat. jadi sebenernya lebih gampang dari origami, tapi emang dasar gw nya aja kurang apik dan teliti, jadi hasilnya ga bagus2 amat, ya lumayan lah buat seorang pemula mah.

nah, kaya gini nih contoh pattern nya..

contoh pattern cubecraft

trus ntar jadinya kaya gini.. *ini si peew yang bikinnya*

ini namanya Chaor..

setelah gw tertarik ngeliat hasil karya dia, gw juga ga mau kalah nge-download-in pattern2 trus gw coba2 bikin juga. ternyata emang gampang2 susah. motongnya harus bener dan teliti, supaya hasilnya juga oke.

dan setelah beberapa hari pembuatan, gw, si peew, si gea *adek gw juga ga mau kalah :p* berhasil membuat 8 buah action figure.. :p Rockman, Ironman, Storm Trooper, "Duck Hunt" Dog, Hellboy, Batman, Mario, dan Chaor. Ini dia hasilnya..

action figure buatan sendiri

ya meskipun belum serapih orang2, tapi lumayan lah udah bisa bikin pajangan kamar sendiri, cuman modal kertas concord sama tinta printer doank.. trus kalo mau juga bisa ditambah pylox clear buat finishingnya.. masih banyak neh pattern2 yang belum di cobain, huhuhu.. ga sabar pengen bikin lagi neeh..

Gimana, ada yang tertarik buat nyoba ga? lumayan lah, selain buat ngisi2 waktu luang.. ngelatih ketelitian dan ketekunan juga.. *at least for me :p* kalo ada yang pengen nyoba, ni gw kasih beberapa link buat download pattern *pattern cubecraft* sama buat belajar2 papercrafting :
kalo kalian punya link2 buat papercraft lain *khususnya cubecraft* kasi tau gw ya guys, biar makin banyak neh koleksi pattern-nya.. hehe.. Happy Papercrafting....


NB : kynya posting tentang sidang Part II ditunda dulu gara2 postingan yang ini.. hahihuheho...

4 komentar:

ardnahc mengatakan...

oooo...jadi papercraft yang dikamar teh baru dibikin??? :p

alus2. ai ban craft teu nyobaan? jadi make ban. lain make kertas.hehehe...pasti banyak deh, yang mau ngabaledog..hihihihi...

Belly Surya Candra Orsa mengatakan...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)

berita kamu mengatakan...

Wooow unik juga paper craftnya!

Anonim mengatakan...

Gw jg suka ma yg nama'y papercraf.. Gw pnya be2rpa link ni:
http://perikertas.com
http://www.papercraft.com
http://www.paper-replika.com
untk yg pling atas tu komunitas'y..
- Paperholics -